Minggu, 28 Februari 2010

PENGARUH KELUARGA DAN RUMAH TANGGA MENJADI DASAR DARI PERILAKU KONSUMEN

Sebelum kosumen melakukan pembelian produk hal-hal yg diperlu diperhatikan oleh produsen bahwa Konsumen melakukan pembelian produk akan mengevaluasi apakah produk sesuai yg dibayangkan atau yg diharapkan dan sesuai dengan kebutuhan rumah tangga sehingga produsen harus melakukan segmentasi pasar terlebih dahulu.karena jika tidak melakukan segmentasi pasar akan berakibat produknya tidak laku di pasaran.segmentasi pasar juga akan berpengaruh terhadap konsumen dan konsumen akan mempunyai harapan prapembelian.Harapan prapembelian adalah kepercayaan tentang kinerja suatu produk yang diperkirakan akan muncul. Harapan pra pembelian dapat dipenuhi saat kinerja suatu produk sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak cocok ketika yang terjadi adalah sebaliknya. perbedaan antara harapan prapembelian dan persepsi pasca pembelian itulah yang dinamakan dengan ketidakcocokan.

Ketidakcocokan yang terjadi bisa bersifat negative atau bersifat positif. Ketidakcocokan negative terjadi ketika kinerja kurang dari yang diharapkan atau lebih. Ketidakcocokan positif terjadi ketika kinerja produk ternyata lebih baik dari yang diharapkan. Kepuasan terjadi ketika kinerja produk paling tidak sama seperti yang diharapkan, ketidakpuasan terjadi ketika kinerjanya lebih buruk dari apa yang diharapkan. Dengan demikian kepuasan adalah hasil pengalaman terhadap produk. Ini adalah sebuah perasaan konsumen setelah membandingkan harapan dengan kinerja aktual.

Ketika konsumen mengalami kepuasan maka konsumen akan melakukan pembelian ulang serta selalu menggunakannya dan memberitahu orang lain tentang pengalaman mereka yang menyenangkan dengan produk tersebut. Dan sebaliknya jika konsumen tidak puas maka akan menceritakan kepada konsumen lainnya, beralih ke merek lain dan mengajukan keberatan kepada produsen serta pengecer. Kepuasan konsumen perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi pada respon konsumen selanjutnya. Konsumen yang puas kemungkinan akan membeli kembali serta memberikan suara-suara positif tentang produk. Ini pula yang menjadi kunci loyalitas, karena kita tahu loyalitas merupakan komponen paling penting ekuitas merek.jadi situasi yg terjadi di rumah tangga sangat berpengaruh dan menjadi dasar dalam perilaku konsumen.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar